recent posts

Makalah Seni Budaya India



                      Contoh Makalah





Kata pengantar
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”Makalah Seni Budaya India”.

Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: guru mata pelajaraan pak Entus yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar skripsi ini dapat lebih baik lagi.
Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bekasi, 26 november 2014
Penyusun


          Tim penyusun



Daftar isi

Kata pengantar.......................................................................................i
Daftar isi...............................................................................................ii
BAB. 1   Seni Tari India.......................................................................1
               Tari klasik india.....................................................................1
BAB. 2   Alat-Alat Musik India.......................................................... 3
                Alat musik tradisional india.................................................3
BAB. 3   Drama India..........................................................................6
               Film bollywood.....................................................................6
               Film Legenda........................................................................8
BAB. 4   Lagu India............................................................................9
               Lagu india............................................................................9
               Tokoh musik (penyanyi) india.............................................9
Kesimpulan........................................................................................11
Daftar pusaka.....................................................................................12



BAB.1                          
                            Seni tari india

A. Tari klasik India
   Tari klasik India adalah tarian klasik yang berasal dari variasi berdasarkan daerah-daerah di India antara lain Bharatanatyam dari Tamil Nadu, Kuchipudi dari Andhra Pradesh, Manipuri dari India timur laut, Odissi dari Orissa, serta Kathak dari India dan Pakistan.
    India memiliki seni tari klasik yang beragam dan telah lama tercatat ke dalam teks tertua di dunia yang menuliskan tentang pertunjukkan, Natya Shastra (400 SM).Pada masa lalu, tarian ditarikan untuk menceritakan sebuah cerita sambil diiringi oleh nyanyian dan musik.Tarian ditempatkan ke dalam posisi yang paling utama.Tarian-tarian ini ditarikan di kuil untuk memuja dewata dan bersifat religius serta tema-temanya didasarkan pada cerita-cerita mitologi.
    Dengan berjalannya waktu, tarian-tarian klasik mulai berkembang.Ekspresi serta temanya berubah menjadi tema tentang kehidupan sosial.Tarian klasik India telah banyak dikenal di dunia internasional dan menggambarkan kekayaan budaya India.
    Tarian klasik India dibedakan daripada tarian-tarian yang lain yang tidak dianggap klasik karena bermakna spiritual.Tarian klaksi india antara lain.
a. Kathakali
    Tari Kathakali adalah tarian yang berasal dari Kerala (India Selatan).Tarian ini merupakan drama musikal yang bermakna permainan cerita dan ditarikan untuk menggambarkan kemenangan kebenaran atas kesalahan.Para penari Kathakali menggunakan riasan wajah serta kostum tarian yang berwarna meriah.Ini melambangkan bahwa karakter-karakter yang dimainkan merupakan mahkluk dari dunia lain.Riasan wajah-wajah penari dapat dibedakan sebagai satvik (rupa dewa), rajasik (rupa ksatria), dan tamasik (rupa setan).Tema tari Kathakali berasal dari cerita klasik Ramayana, Mahabharata dan berbagai kisah legenda dan mitologi Hindu.
b. Mohini Attam
    Tari Mohini Attam adalah tarian yang berasal dari Kerala.Tarian ini menceritakan tentang rasa cinta dan dedikasi terhadap dewa.Gerakan-gerakan dasar tarian ini adalah Adavus yang dibagi menjadi 4 bagian, Taganam, Jaganam, Dhaganam, dan Sammisram.Para penari Mohini Attam mengenakan riasan yang realistis dan kostum yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan tarian yang lain.
c. Bharatanatyam
    Bharatanatyam berasal dari Tamil Nadu (India Selatan) dan telah diwariskan selama 2000 tahun melalui pengajaran dari guru tari yang disebut (nattuwanar) dan penari kuil yang disebut devadasi.Pelatihan tari ini memerlukan waktu 7 tahun di bawah bimbingan nattuwanar yang dianggap sebagai ilmuwan dan cendekiawan.Empat Nattuwanar dari Tanjore yang dinamakan Kuartet Tanjore adalah kakak beradik yang bernama Chinnaiah, Ponnaiah, Vadivelu, dan Shivanandam. Kwartet Tanjore dikenal telah mengkonstruksikan tari Bharatanatyam.
d. Kuchipudi
    Kuchipudi berasal dari desa Kuchipudi di Andhra Pradesh, India Utara.Tari ini adalah sendratari yang didasarkan pada tradisi teater dan dikenal dengan nama Bhagavata Mela Natakam.Para aktor menyanyi dan menarikan tarian ini pada upacara persembahan di kuil. Tari Kuchipudi memiliki teknik yang lebih bebas dan luwes disbanding jenis tari klasik lain.
e. Manipuri
    Manipuri berasal dari Manipur, India timur laut.Gerakan tari ini awalnya dinamakan jogai yang berarti gerakan melingkar.Berdasarkan teks kuno, tari ini melambangkan gerakan planet yang mengelilingi matahari.Menurut mitologi Hindu, saat Khrisna, Radha dan gopi menarikan tari Ras Leela, Shiva menjaga agar tidak seorangpun yang mengganggu tarian mereka.Parvati, permaisuri Shiva juga ingin melihat tarian ini, jadi Shiva memilih tempat yang paling indah di Manipur dan menarikan kembali tari Ras Leela. Setelah berabad-abad kemudian, pada abad ke-11, selama masa pemerintahan Raja Loyamba, pangeran Khamba dan Dinasti Khomal dan Putri Thaibi dari Dinasti Mairang menarikan kembali tari ini dan kemudian dikenal sebagai Lai-Haraoba, tarian tertua dari Manipur.
    Gaya tari Manipuri berkembang berdasarkan kehidupan dan budaya rakyat Manipuri dan memiliki cirikhas dekorasi yang berwarna-warni serta gerakan kaki yang lincah.
f. Odissi
Tari Odissi adalah tarian yang berasal dari Orissa untuk memuja Krishna.Ciri khas tari ini adalah ditarikan dengan sukacita dan penuh semangat.Tarian ini penuh gerakan yang mengkonsentrasikan pada tribhang, gerakan tubuh yang terbagi atas tiga bagian, kepala, dada dan torso.Penari Odissi menceritakan tentang 8 inkarnasi dari Vishnu, yakni Dewa Krishna.
g. Kathak
    Kathak berasal dari India utara dan Pakistan dan serupa dengan tari Bharatanatyam.Kata Kathak berasal dari bahasa Sanskerta, "katha" yang bermakna cerita dan diiringi musik klasik Hindustan serta gerakan kaki yang lincah.Kathak menceritakan Radha dan Krishna dalam gaya Natwari.Pada masa kesultanan Moghul, tari ini ditarikan di istana dan maknanya menjadi kurang religius.
    Gerakan tari Kathak dikenal dengan istilah tatkar (gerakan kaki yang cepat) dan chakkar (gerakan memutar).



BAB.2          
                         Alat-alat musik india
A. Alat Musik Tradisional India
    Setiap negara memiliki keragaman budayanya masing-masing, termasuk di dalam seni musik. India, negeri epos para dewa, brahmana dan ksatria pun demikian. Negeri yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, memiliki peradaban musik sangat unik, terlihat dari bentuk dan bunyinya yang menarik. Musik selain mengajak orang disekitarnya untuk menari juga dapat menjadi media spiritual yang menghubungkan jiwa manusia dengan Sang Penciptanya. Mungkin itulah kenapa orang-orang India sangat menikmati musik dan menarikannya dengan baik. Berikut alat musik tradisional India:
a. Bansuri
    Bambu merupakan tanaman yang mudah ditemui di daratan Asia, sehingga tidak heran apabila banyak alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Di India, suling yang dikenal dengan nama bansuri menjadi alat yang hampir mendominasi komposisi musik tradisional India. Pandit Pannalal Ghosh, Hari Prasad Chauria merupakan beberapa peniup bansuri yang popular di India.
b. Tampura
     Sobat unik mungkin sepintas alat musik tradisional ini mirip dengan sitar, namun tampura atau tanpura memiliki karakter suara dan penggunaan yang berbeda. Tampura merupakan alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi sebuah nyanyian. Fungsinya sebagai alat musik pengiring membuat para pemainnya harus teliti dan konsentrasi. Karena suara tampura sangat unik maka sentuhan dan petikannya pun harus dijaga. Harmonisasi yang dihasilkannya sanggup untuk menghipnosis penyanyi dan pendengarnya hingga larut dalam alunan musik.
c. Tabla
    Nah alat musik tradisional India yang satu ini sangat popular bahkan di dunia, banyak musisi dunia yang memasukan bebunyian tabla di dalam album-album mereka, sebut saja the Beatles untuk lagu ‘Inner Light’ dalam single album ‘Lady Madonna’. Alat tradisional yang memiliki bentuk seperti gendang Sunda atau Jawa, memiliki bunyi yang unik sehingga mampu mengajak para pendengarnya untuk menari terlebih dipadukan bersama suara tampura dan sitar. Salah satu musisi tabla India yang mendunia adala Zakir Hussain dan Anoushka Shankar.
d. Sarangi
    Alat musik tradisional India yang satu ini dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan piyul layaknya biola dan cello. Sarangi merupakan alat musik yang identik dengan musik rakyat Rajasthani. Seperti gitar namun lebing cembung (memiliki tiga ruang), memiliki tiga senar melodi dan 35 senar simpatetis. Salah satu maestro sarangai adalah Ustad Sultan Khan, Ikram Khan dan Ram Narayan.
e. Sarod
    Sarod berasal dari bahasa Persia yang artinya ‘melodi’ atau ‘suara yang indah,’ keberadaanya sangat penting dalam khazanah musik Hindustan (India). Cara memainkan sarod hampir sama dengan tampura dan sitar, dipetik. Salah satu maestro sarod yang popular adalah Amjad Ali Khan dan keluarganya. Suara sarod sangat indah, dalam dan introspektif.
 
f. Mridangam
    Alat musik tradisional India yang satu ini terbuat dari sebuah batang kayu, masyarakat Hindustan mengenalnya dengan nama mridangam. Perkusi yang memiliki dua permukaan pukulan, digunakan untuk mengiringi musik melodi dalam komposisi tradisional India. Seperti halnya tabla, bisa digunakan dengan ketukan jemari, telapak tangan dan pukulan menekan ke dalam permukaan membran kulit. Namun perlu kemampuan dan ketelitian dalam tuning membran kulitnya, sehingga memiliki suara yang baik. Keberadaan instrumen mridangan sangat penting untuk mengiringi musik tradisional khas Indian bagian selatan (karnatis).
g. Dholak
    Keberadaan dholak sangat penting dalam komposisi musik tradisional khusus India bagian utara. Dholak memiliki bentuk hampir sama dengan mridangam, tabla ataupun gendang, hanya saja membrannya dituning sangat kencang sehingga suaranya nyaring. Sementara kekecangan dan kedalaman membran sangat ditentukan oleh tuning yang menggunakan tali kulit sebagai tarikannya.
 
h. Shehnai
    Alat musik tiup yang satu ini dipopularkan oleh musisi legendaris Ustad Bismillah Khan. Shehnai memiliki bentuk perpaduan antara seruling dengan trompet, namun terbuat dari kayu pilihan. Shehnai merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi prosesi keagamaan, seperti pernikahan.
 
i. Sitar
    Sitar merupakan alat musik tradisional yang mengharumkan India di khazanah musik dunia. Tentu saja hal ini dimungkinkan atas perjuangan para musisi kontemporer berdarah India, yang mencintai musik nenek moyangnya. Sebut saja Ravi Shankar, Pandit dan generasi muda seperti Anoushka Shankar, mereka memainkan Sitar dengan indah mewakili sisi kedamaian dan spiritual India. Sitar dimainkan dengan cara dipetik layaknya tampura dan sarod. Sitar merupakan alat musik tradisional yang mendominasi musik rakyat India.

j. Ghatam
    Jangan mengira gerabah atau kendi yang satu ini hanyalah wewadahan beras atau palawija, karena di India Ghatam (kendi) merupakan alat musik tradisional. Ghatam merupakan alat musik tradisional yang memberikan warna khas pada musik India bagian selatan. Bahkan beberapa sumber menyebutkan ghatam telah ada sejak zaman Ramayana, sehingga dimasukan ke dalam salah satu alat musik tradisional tertua di India. Cara memainkan ghatam hampir sama dengan tabla, dholak dan mridangam, dengan jari ataupun telapak tangan.
   
   

  
BAB. 3
                         Drama india
A. film bollywood
a.Koi Mil Gaya (2003) ini kerap disebut-sebut sebagai film fiksi ilmiah Bollywood pertama yang lantas dibuat menjadi trilogi. Film ini memasangkan Hrithik Roshan dan Preity Zinta, serta aktris senior Rekha. Kisahnya tentang seorang pemuda (Hrithik) keterbelakangan mental yang kerap menjadi bulan-bulanan temannya. Sampai suatu hari, ia bertemu alien yang mengubahnya menjadi kuat, cerdas, dan populer di kalangan teman-temannya.
b. Kabhi Khushi Kabhie Gham adalah Cerita yang menyentuh, dengan pemain mega bintang dari berbagai generasi. Film produksi 2001 ini berhasil menyatukan Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, Kajol, Hrithik Roshan, dan Kareena Kapoor. Rahul (Shahrukh Khan), anak adopsi sebuah keluarga berada memilih menikahi Anjali (Kajol), perempuan dari kelas menengah. Yash (Amitabh Bachchan), ayah angkatnya, tega mengusir Rahul. Nandini (Jaya Bachchan) melepas kepergian putranya dengan berlinang airmata. Sepuluh tahun berlalu, Rohan (Hrithik Roshan), anak kandung Yash-Nandini telah dewasa. Dari penyelidikannya, Rohan tahu bahwa Rahul dan Anjali kini tinggal di London. Pemuda ini bertekad menyatukan kembali keluarganya yang tercerai berai.
c. Mohabbatein adalah Film yang dibintangi mega bintang Bollywood. Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, dan Aishwarya Rai dipertemukan dalam film produksi tahun 2000 ini. Bercerita soal kehidupan di universitas Gurukal, yang dikelola Narayn Shankar (Amitabh Bachchan). Narayn sangat berharap mahasiswanya disiplin, menjunjung tinggi tradisi dan terhormat. Ia melarang mahasiswa di kampusnya berpacaran. Yang ketahuan pacaran, akan dikeluarkan. Berbeda dengan Narayn, dosen musik Raj Aryan (Shahrukh Khan) malah sangat mengagungkan cinta. Ia bahkan mendukung mahasiswanya yang jatuh cinta. Tentu hal ini menjadi pertentangan antara Narayn-Raj. Sampai terungkap bahwa Raj dulu juga mahasiswa Gurukal yang jatuh cinta pada Megha (Aishwarya Rai), anak Narayn satu-satunya. Narayn lalu men-drop out Raj. Peristiwa ini membuat Megha bunuh diri.
d. Dil Hai Tumhaara adalah fim tentang Shalu (Preity Zinta) merasa tak pernah mendapat kasih sayang Saritaji (Rekha), ibunya. Saritaji hanya menyayangi Nimmi (Mahima Chaudhry), kakak Shalu. Saritaji membenci Shalu karena gadis tomboy itu bukan anak kandungnya. Shalu adalah anak almarhum suami Saritaji dengan selingkuhannya. Konflik muncul tatkala Shalu dan Nimmi sama-sama menyukai Dev (Arjun Rampal), pemuda lulusan universitas Amerika Serikat. Dev lebih menyukai Shalu, tapi tentu saja Saritaji mewanti-wanti Shalu agar meninggalkan Dev demi Nimmi. Film berlinang airmata ini juga menjadi senjata andalan pendongkrak rating.

e. Mujhse Dosti Karoge Dibintangi 3 artis terkenal. Raj (Hrithik Roshan), Pooja (Rani Mukherjee) dan Tina (Kareena Kapood) adalah sahabat sejak kecil. Namun saat remaja, Raj pindah ke London mengikuti ayahnya bekerja. Raj membuat Tina berjanji berkomunikasi via e-mail setiap hari. Tina yang sibuk lupa akan janjinya. Selalu Pooja yang membalas e-mail Raj, memakai akun e-mail Tina. Raj menyukai Tina, sementara Pooja menyukai Raj. Bagaimana kesudahannya? Selain cerita yang komersil, lagu-lagunya pun cukup populer di sini, khususnya “Mujhse Dosti Karoge” dan “Oh My Darling”.
f. Kaho Naa Pyaar Hai Bercerita soal Rohit (Hrithik Roshan) montir yang bertransformasi jadi penyanyi terkenal. Jelang konsernya, Rohit menyaksikan pembunuhan. Ia pun jatuh ke jurang saat berusaha melarikan diri dari kejaran si pembunuh. Sonia (Amisha Patel), kekasih Rohit, syok dengan kepergian Rohit yang tragis. Ayahnya mengirimnya ke Selandia Baru untuk bertemu sepupunya, dengan tujuan melupakan Rohit. Di sana, Sonia bertemu Raj (Hrithik Roshan), pria yang sangat mirip dengan Rohit.
g. Chori Chori Chupke Chupke adalah Kehidupan pasangan dari kalangan atas Raj (Salman Khan) dan Priya (Rani Mukherjee) awalnya terlihat sempurna. Sampai suatu hari, Priya keguguran dan dinyatakan tak bisa hamil lagi. Mereka sepakat mencari ibu pengganti, Madhu (Preity Zinta). Konflik dimulai. Dari Priya yang tidak tahu bahwa Madhu seorang pelacur, Madhu yang diam-diam jatuh cinta pada Raj, sampai Madhu yang mengurungkan niat untuk menyerahkan bayi yang dikandungnya pada Raj-Priya. Di India.
h. Dil Se bercerita tentang seorang reporter bernama Amar (Shahrukh Khan) yang mendapat tugas mewawancara Meghna (Manisha Koirala), anggota kelompok teroris yang bermarkas di India bagian utara. Meghna diam-diam tertarik pada Amar.Merasa nyawanya terancam oleh kelompok teroris, Amar pulang ke Delhi dan dijodohkan orangtuanya dengan Preeti (Preity Zinta). Amar tak tahu Meghna menyusulnya ke Delhi
i. Mann adalah Drama percintaan dimainkan dengan apik oleh Aamir Khan dan Manisha Koirala. Dev Karan (Aamir) dan Priya (Manisha) sebenarnya sudah memiliki calon istri/suami. Namun saat Priya dan Dev Karan bertemu di sebuah cruise, keduanya jatuh cinta. Ketika Dev Karan dan Priya sudah meninggalkan pasangan masing-masing, Priya mengalami kecelakaan yang menyebabkannya diamputasi dan tak berani menemui Dev Karan.
j. Kuch Kuch Hota Hai.Segmen awal Kuch Kuch Hota Hai mengisahkan cinta segitiga antara Anjali (Kajol), Rahul (Shahrukh Khan), dan Tina (Rani Mukherjee) di bangku kuliah.

B. film Legenda
Kresna (Dewanagari: कृष्णIASTkṛṣṇa; dibaca [ˈkr̩ʂɳə]) adalah salah satu dewa yang dipuja oleh umat Hindu, berwujud pria berkulit gelap atau biru tua, memakai dhoti kuning dan mahkota yang dihiasi bulu merak. Dalam seni lukis dan arca, umumnya ia digambarkan sedang bermain seruling sambil berdiri dengan kaki yang ditekuk ke samping. Legenda Hindu dalam kitab Purana dan Mahabharata menyatakan bahwa ia adalah putra kedelapan Basudewa dan Dewaki, bangsawan dari kerajaan Surasena, kerajaan mitologis di India Utara. Secara umum, ia dipuja sebagai awatara (inkarnasi) Dewa Wisnu kedelapan di antara sepuluh awatara Wisnu. Dalam beberapa tradisi perguruan Hindu, misalnya Gaudiya Waisnawa, ia dianggap sebagai manifestasi dari kebenaran mutlak, atau perwujudan Tuhan itu sendiri,[1] dan dalam tafsiran kitab-kitab yang mengatasnamakan Wisnu atau Kresna, misalnya Bhagawatapurana, ia dimuliakan sebagai Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa.[2] Dalam Bhagawatapurana, ia digambarkan sebagai sosok penggembala muda yang mahir bermain seruling, sedangkan dalam wiracarita Mahabharata ia dikenal sebagai sosok pemimpin yang bijaksana, sakti, dan berwibawa. Selain itu ia dikenal pula sebagai tokoh yang memberikan ajaran filosofis, dan umat Hindu meyakini Bhagawadgita sebagai kitab yang memuat kotbah Kresna kepada Arjuna tentang ilmu rohani.
Kisah-kisah mengenai Kresna muncul secara luas di berbagai ruang lingkup agama Hindu, baik dalam tradisi filosofis maupun teologis.[3] Berbagai tradisi menggambarkannya dalam berbagai sudut pandang: sebagai dewa kanak-kanak, tukang kelakar, pahlawan sakti, dan Yang Mahakuasa.[4] Kehidupan Kresna dibahas dalam beberapa susastra Hindu, yaitu Mahabharata, Hariwangsa, Bhagawatapurana, dan Wisnupurana.





BAB. 4
                          Lagu india
A.Lagu India
- Kuch-kuch hota Hai
- Dil kya kare
- Barso re
- Des Rangila Rangila
- Chanda chamke cham cham
- Chaiya Chaiya
b. Tokoh Musik (penyanyi) India
Beberapa tokoh musik India antara lain :
- Sharukh-Khan
- Subbulakshmi M S
- Seshagopalan T N
- Sudha Raghunathan
- Unnikrishnan P
- Balamurali Krishna
Adapun contoh lagu india yaiu Arre Re Arre yang diciptakan oleh Dil To Pagal Hai. Teks lagunya yaitu :
Lirik Lagu Arre Re Arre Lyrics
–CHORUS–
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru ru
La la la la la la la la, la la la la la la
La la la la la la la la, la la la la la la la
–FEMALE–
Arre re arre yeh kya hua, maine na yeh jaana
Arre re arre ban jaaye na kahin koi afsaana
–MALE–
Arre re arre kuch ho gaya, koi na pehchaana
Arre re arre banta hai to ban jaaye afsaana
–CHORUS–
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru ru
–MALE–
Haath mera thaam lo saath jab tak ho
Baat kuch hoti rahe baat jab tak ho
Saamne baithe raho tum raat jab tak ho
–FEMALE–
Arre re arre yeh kya hua, maine na yeh jaana
Naam kya de kya kahe dil ke mausam ko
Aag jaise lag gayi aaj shabnam ko
Aisa lagta hai kisi ne chhoo liya humko
–CHORUS–
Arre re arre yeh kya hua
–FEMALE–
Maine na yeh jaana
–CHORUS–
Arre re arre ban jaaye na
–FEMALE–
Kahin koi afsaana
–CHORUS–
Arre re arre kuch ho gaya
–MALE–
Koi na pehchaana
–CHORUS–
Arre re arre banta hai to
–MALE–
Ban jaaye afsaana
–FEMALE–
Tum chale jaao zara hum sambhal jaaye
Dhadkanein dil ki kahin na machal jaaye
Waqt se aage kahin na hum nikal jaaye
–MALE–
Arre re arre yeh kya hua, koi na pehchaana
Hum mein tum mein kuch to hai, kuch nahin hai kya
Aur kuch ho jaaye to kuch yakeen hai kya
Dekh lo yeh dil jahan tha, yeh vahin hai kya
–CHORUS–
Arre re aare yeh kya hua
–MALE–
Maine na yeh jaana
–CHORUS–
Arre re arre ban jaaye na
–MALE–
Kahin koi afsaana
–CHORUS–
Arre re arre kuch ho gaya
–FEMALE–
Koi na pehchaana
–CHORUS–
Arre re arre banta hai to
–FEMALE–
Ban jaaye afsaana
–ALL–
La la la la la la la la, la la la la la la
La la la la la la la la, la la la la la la la





kesimpulan    
Perkembangan musik India dimulai kira-kira sejak abad ke-2 setelah masehi. Bangsa Arya yang bermigrasi ke India membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan musik di India. Sejak awal berkembangnya, musik india telah bercampu-campur serta berpadu dengan musik lain seperti musik arab, mesir, serta persia.
Musik tradisional india memiliki ciri-ciri seperti: Penekanan pada vokal dan banyak melakukan improvisasi. Alat musik yang di gunakanpun beraneka ragam seperti: Dholak, Ektara, Sarangi, dll.
Seni musik tradisional memiliki fungsi diantara lain sebagai pengiring acara adat, sebagai sumber hiburan spiritual, dll. Seni musik india sekarang ini telah mengalami beberapa perubahan baik pada vocal maupun instrumen. Tapi maksud yang di kedepankan masih sama yaitu masalah religi atau spiritual.



Daftar pusaka

Sumber : http://www.kkata.com/2013/04/contoh-kata-pengantar-makalah-yang-baik.html
Makalah Seni Budaya India Makalah Seni Budaya India Reviewed by Vikha Trivicika on September 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.