Contoh Makalah
Kata pengantar
Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi
sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru
sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada
terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul
”Makalah Seni Budaya India”.
Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak,
karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: guru
mata pelajaraan pak Entus yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan yang
begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa
memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.
Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan
kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang membangun agar skripsi ini dapat lebih baik lagi.
Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bekasi, 26
november 2014
Penyusun
Tim penyusun
Daftar
isi
Kata pengantar.......................................................................................i
Daftar isi...............................................................................................ii
BAB. 1 Seni Tari India.......................................................................1
Tari klasik india.....................................................................1
BAB. 2 Alat-Alat Musik India..........................................................
3
Alat musik tradisional india.................................................3
BAB. 3 Drama India..........................................................................6
Film bollywood.....................................................................6
Film Legenda........................................................................8
BAB. 4 Lagu India............................................................................9
Lagu india............................................................................9
Tokoh musik (penyanyi)
india.............................................9
Kesimpulan........................................................................................11
Daftar
pusaka.....................................................................................12
BAB.1
Seni tari india
A. Tari klasik India
Tari
klasik India adalah tarian klasik yang berasal dari variasi berdasarkan
daerah-daerah di India antara lain Bharatanatyam dari Tamil Nadu, Kuchipudi
dari Andhra Pradesh, Manipuri dari India timur laut, Odissi dari Orissa, serta
Kathak dari India dan Pakistan.
India memiliki seni tari klasik yang
beragam dan telah lama tercatat ke dalam teks tertua di dunia yang menuliskan
tentang pertunjukkan, Natya Shastra (400 SM).Pada masa lalu, tarian ditarikan
untuk menceritakan sebuah cerita sambil diiringi oleh nyanyian dan musik.Tarian
ditempatkan ke dalam posisi yang paling utama.Tarian-tarian ini ditarikan di
kuil untuk memuja dewata dan bersifat religius serta tema-temanya didasarkan pada
cerita-cerita mitologi.
Dengan berjalannya waktu, tarian-tarian
klasik mulai berkembang.Ekspresi serta temanya berubah menjadi tema tentang
kehidupan sosial.Tarian klasik India telah banyak dikenal di dunia
internasional dan menggambarkan kekayaan budaya India.
Tarian klasik India dibedakan daripada
tarian-tarian yang lain yang tidak dianggap klasik karena bermakna
spiritual.Tarian klaksi india antara lain.
a. Kathakali
Tari Kathakali adalah tarian yang berasal dari
Kerala (India Selatan).Tarian ini merupakan drama musikal yang bermakna
permainan cerita dan ditarikan untuk menggambarkan kemenangan kebenaran atas
kesalahan.Para penari Kathakali menggunakan riasan wajah serta kostum tarian
yang berwarna meriah.Ini melambangkan bahwa karakter-karakter yang dimainkan
merupakan mahkluk dari dunia lain.Riasan wajah-wajah penari dapat dibedakan
sebagai satvik (rupa dewa), rajasik (rupa ksatria), dan tamasik (rupa setan).Tema
tari Kathakali berasal dari cerita klasik Ramayana, Mahabharata dan berbagai
kisah legenda dan mitologi Hindu.
b. Mohini Attam
Tari Mohini Attam adalah tarian yang
berasal dari Kerala.Tarian ini menceritakan tentang rasa cinta dan dedikasi
terhadap dewa.Gerakan-gerakan dasar tarian ini adalah Adavus yang dibagi menjadi
4 bagian, Taganam, Jaganam, Dhaganam, dan Sammisram.Para penari Mohini Attam
mengenakan riasan yang realistis dan kostum yang lebih sederhana jika dibandingkan
dengan tarian yang lain.
c. Bharatanatyam
Bharatanatyam berasal dari Tamil Nadu
(India Selatan) dan telah diwariskan selama 2000 tahun melalui pengajaran dari
guru tari yang disebut (nattuwanar) dan penari kuil yang disebut devadasi.Pelatihan
tari ini memerlukan waktu 7 tahun di bawah bimbingan nattuwanar yang dianggap
sebagai ilmuwan dan cendekiawan.Empat Nattuwanar dari Tanjore yang dinamakan
Kuartet Tanjore adalah kakak beradik yang bernama Chinnaiah, Ponnaiah,
Vadivelu, dan Shivanandam. Kwartet Tanjore dikenal telah mengkonstruksikan tari
Bharatanatyam.
d. Kuchipudi
Kuchipudi berasal dari desa Kuchipudi di
Andhra Pradesh, India Utara.Tari ini adalah sendratari yang didasarkan pada
tradisi teater dan dikenal dengan nama Bhagavata Mela Natakam.Para aktor
menyanyi dan menarikan tarian ini pada upacara persembahan di kuil. Tari
Kuchipudi memiliki teknik yang lebih bebas dan luwes disbanding jenis tari
klasik lain.
e. Manipuri
Manipuri berasal dari Manipur, India timur
laut.Gerakan tari ini awalnya dinamakan jogai yang berarti gerakan melingkar.Berdasarkan
teks kuno, tari ini melambangkan gerakan planet yang mengelilingi matahari.Menurut
mitologi Hindu, saat Khrisna, Radha dan gopi menarikan tari Ras Leela, Shiva
menjaga agar tidak seorangpun yang mengganggu tarian mereka.Parvati, permaisuri
Shiva juga ingin melihat tarian ini, jadi Shiva memilih tempat yang paling
indah di Manipur dan menarikan kembali tari Ras Leela. Setelah berabad-abad
kemudian, pada abad ke-11, selama masa pemerintahan Raja Loyamba, pangeran
Khamba dan Dinasti Khomal dan Putri Thaibi dari Dinasti Mairang menarikan kembali
tari ini dan kemudian dikenal sebagai Lai-Haraoba, tarian tertua dari Manipur.
Gaya tari Manipuri berkembang berdasarkan
kehidupan dan budaya rakyat Manipuri dan memiliki cirikhas dekorasi yang
berwarna-warni serta gerakan kaki yang lincah.
f. Odissi
Tari
Odissi adalah tarian yang berasal dari Orissa untuk memuja Krishna.Ciri khas
tari ini adalah ditarikan dengan sukacita dan penuh semangat.Tarian ini penuh
gerakan yang mengkonsentrasikan pada tribhang, gerakan tubuh yang terbagi atas
tiga bagian, kepala, dada dan torso.Penari Odissi menceritakan tentang 8
inkarnasi dari Vishnu, yakni Dewa Krishna.
g. Kathak
Kathak berasal dari India utara dan
Pakistan dan serupa dengan tari Bharatanatyam.Kata Kathak berasal dari bahasa
Sanskerta, "katha" yang bermakna cerita dan diiringi musik klasik
Hindustan serta gerakan kaki yang lincah.Kathak menceritakan Radha dan Krishna
dalam gaya Natwari.Pada masa kesultanan Moghul, tari ini ditarikan di istana
dan maknanya menjadi kurang religius.
Gerakan tari Kathak dikenal dengan istilah
tatkar (gerakan kaki yang cepat) dan chakkar (gerakan memutar).
BAB.2
Alat-alat musik india
A. Alat Musik Tradisional India
Setiap negara memiliki keragaman budayanya
masing-masing, termasuk di dalam seni musik. India, negeri epos para dewa,
brahmana dan ksatria pun demikian. Negeri yang mayoritas masyarakatnya beragama
Hindu, memiliki peradaban musik sangat unik, terlihat dari bentuk dan bunyinya
yang menarik. Musik selain mengajak orang disekitarnya untuk menari juga dapat
menjadi media spiritual yang menghubungkan jiwa manusia dengan Sang
Penciptanya. Mungkin itulah kenapa orang-orang India sangat menikmati musik dan
menarikannya dengan baik. Berikut alat musik tradisional India:
a. Bansuri
Bambu merupakan tanaman yang mudah ditemui
di daratan Asia, sehingga tidak heran apabila banyak alat musik tradisional
yang terbuat dari bambu. Di India, suling yang dikenal dengan nama bansuri
menjadi alat yang hampir mendominasi komposisi musik tradisional India. Pandit
Pannalal Ghosh, Hari Prasad Chauria merupakan beberapa peniup bansuri yang
popular di India.
b. Tampura
Sobat unik mungkin sepintas alat musik
tradisional ini mirip dengan sitar, namun tampura atau tanpura memiliki
karakter suara dan penggunaan yang berbeda. Tampura merupakan alat musik
tradisional yang digunakan untuk mengiringi sebuah nyanyian. Fungsinya sebagai
alat musik pengiring membuat para pemainnya harus teliti dan konsentrasi.
Karena suara tampura sangat unik maka sentuhan dan petikannya pun harus dijaga.
Harmonisasi yang dihasilkannya sanggup untuk menghipnosis penyanyi dan
pendengarnya hingga larut dalam alunan musik.
c. Tabla
Nah alat musik tradisional India yang satu
ini sangat popular bahkan di dunia, banyak musisi dunia yang memasukan
bebunyian tabla di dalam album-album mereka, sebut saja the Beatles untuk lagu
‘Inner Light’ dalam single album ‘Lady Madonna’. Alat tradisional yang memiliki
bentuk seperti gendang Sunda atau Jawa, memiliki bunyi yang unik sehingga mampu
mengajak para pendengarnya untuk menari terlebih dipadukan bersama suara
tampura dan sitar. Salah satu musisi tabla India yang mendunia adala Zakir
Hussain dan Anoushka Shankar.
d. Sarangi
Alat musik tradisional India yang satu ini
dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan piyul layaknya biola dan
cello. Sarangi merupakan alat musik yang identik dengan musik rakyat
Rajasthani. Seperti gitar namun lebing cembung (memiliki tiga ruang), memiliki
tiga senar melodi dan 35 senar simpatetis. Salah satu maestro sarangai adalah
Ustad Sultan Khan, Ikram Khan dan Ram Narayan.
e. Sarod
Sarod berasal dari bahasa Persia yang
artinya ‘melodi’ atau ‘suara yang indah,’ keberadaanya sangat penting dalam
khazanah musik Hindustan (India). Cara memainkan sarod hampir sama dengan
tampura dan sitar, dipetik. Salah satu maestro sarod yang popular adalah Amjad
Ali Khan dan keluarganya. Suara sarod sangat indah, dalam dan introspektif.
f. Mridangam
Alat musik tradisional India yang satu ini
terbuat dari sebuah batang kayu, masyarakat Hindustan mengenalnya dengan nama
mridangam. Perkusi yang memiliki dua permukaan pukulan, digunakan untuk
mengiringi musik melodi dalam komposisi tradisional India. Seperti halnya
tabla, bisa digunakan dengan ketukan jemari, telapak tangan dan pukulan menekan
ke dalam permukaan membran kulit. Namun perlu kemampuan dan ketelitian dalam
tuning membran kulitnya, sehingga memiliki suara yang baik. Keberadaan
instrumen mridangan sangat penting untuk mengiringi musik tradisional khas Indian
bagian selatan (karnatis).
g. Dholak
Keberadaan dholak sangat penting dalam
komposisi musik tradisional khusus India bagian utara. Dholak memiliki bentuk
hampir sama dengan mridangam, tabla ataupun gendang, hanya saja membrannya
dituning sangat kencang sehingga suaranya nyaring. Sementara kekecangan dan
kedalaman membran sangat ditentukan oleh tuning yang menggunakan tali kulit
sebagai tarikannya.
h. Shehnai
Alat musik tiup yang satu ini dipopularkan
oleh musisi legendaris Ustad Bismillah Khan. Shehnai memiliki bentuk perpaduan
antara seruling dengan trompet, namun terbuat dari kayu pilihan. Shehnai
merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi prosesi keagamaan, seperti
pernikahan.
i. Sitar
Sitar merupakan alat musik tradisional yang
mengharumkan India di khazanah musik dunia. Tentu saja hal ini dimungkinkan
atas perjuangan para musisi kontemporer berdarah India, yang mencintai musik
nenek moyangnya. Sebut saja Ravi Shankar, Pandit dan generasi muda seperti
Anoushka Shankar, mereka memainkan Sitar dengan indah mewakili sisi kedamaian
dan spiritual India. Sitar dimainkan dengan cara dipetik layaknya tampura dan
sarod. Sitar merupakan alat musik tradisional yang mendominasi musik rakyat
India.
j. Ghatam
Jangan mengira gerabah atau kendi yang satu
ini hanyalah wewadahan beras atau palawija, karena di India Ghatam (kendi)
merupakan alat musik tradisional. Ghatam merupakan alat musik tradisional yang
memberikan warna khas pada musik India bagian selatan. Bahkan beberapa sumber
menyebutkan ghatam telah ada sejak zaman Ramayana, sehingga dimasukan ke dalam
salah satu alat musik tradisional tertua di India. Cara memainkan ghatam hampir
sama dengan tabla, dholak dan mridangam, dengan jari ataupun telapak tangan.
BAB. 3
Drama india
A. film bollywood
a.Koi Mil Gaya (2003) ini kerap
disebut-sebut sebagai film fiksi ilmiah Bollywood pertama yang lantas dibuat
menjadi trilogi. Film ini memasangkan Hrithik Roshan dan Preity Zinta, serta
aktris senior Rekha. Kisahnya tentang seorang pemuda (Hrithik) keterbelakangan
mental yang kerap menjadi bulan-bulanan temannya. Sampai suatu hari, ia bertemu
alien yang mengubahnya menjadi kuat, cerdas, dan populer di kalangan teman-temannya.
b. Kabhi Khushi Kabhie Gham adalah Cerita
yang menyentuh, dengan pemain mega bintang dari berbagai generasi. Film
produksi 2001 ini berhasil menyatukan Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, Kajol,
Hrithik Roshan, dan Kareena Kapoor. Rahul (Shahrukh Khan), anak adopsi sebuah
keluarga berada memilih menikahi Anjali (Kajol), perempuan dari kelas menengah.
Yash (Amitabh Bachchan), ayah angkatnya, tega mengusir Rahul. Nandini (Jaya
Bachchan) melepas kepergian putranya dengan berlinang airmata. Sepuluh tahun
berlalu, Rohan (Hrithik Roshan), anak kandung Yash-Nandini telah dewasa. Dari
penyelidikannya, Rohan tahu bahwa Rahul dan Anjali kini tinggal di London.
Pemuda ini bertekad menyatukan kembali keluarganya yang tercerai berai.
c. Mohabbatein adalah Film yang
dibintangi mega bintang Bollywood. Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, dan
Aishwarya Rai dipertemukan dalam film produksi tahun 2000 ini. Bercerita soal
kehidupan di universitas Gurukal, yang dikelola Narayn Shankar (Amitabh
Bachchan). Narayn sangat berharap mahasiswanya disiplin, menjunjung tinggi
tradisi dan terhormat. Ia melarang mahasiswa di kampusnya berpacaran. Yang
ketahuan pacaran, akan dikeluarkan. Berbeda dengan Narayn, dosen musik Raj
Aryan (Shahrukh Khan) malah sangat mengagungkan cinta. Ia bahkan mendukung
mahasiswanya yang jatuh cinta. Tentu hal ini menjadi pertentangan antara
Narayn-Raj. Sampai terungkap bahwa Raj dulu juga mahasiswa Gurukal yang jatuh
cinta pada Megha (Aishwarya Rai), anak Narayn satu-satunya. Narayn lalu
men-drop out Raj. Peristiwa ini membuat Megha bunuh diri.
d. Dil Hai Tumhaara adalah
fim tentang Shalu (Preity Zinta) merasa tak pernah mendapat kasih sayang
Saritaji (Rekha), ibunya. Saritaji hanya menyayangi Nimmi (Mahima Chaudhry),
kakak Shalu. Saritaji membenci Shalu karena gadis tomboy itu bukan anak
kandungnya. Shalu adalah anak almarhum suami Saritaji dengan selingkuhannya.
Konflik muncul tatkala Shalu dan Nimmi sama-sama menyukai Dev (Arjun Rampal),
pemuda lulusan universitas Amerika Serikat. Dev lebih menyukai Shalu, tapi
tentu saja Saritaji mewanti-wanti Shalu agar meninggalkan Dev demi Nimmi. Film
berlinang airmata ini juga menjadi senjata andalan pendongkrak rating.
e. Mujhse Dosti Karoge
Dibintangi 3 artis terkenal. Raj (Hrithik Roshan), Pooja (Rani Mukherjee) dan
Tina (Kareena Kapood) adalah sahabat sejak kecil. Namun saat remaja, Raj pindah
ke London mengikuti ayahnya bekerja. Raj membuat Tina berjanji berkomunikasi
via e-mail setiap hari. Tina yang sibuk lupa akan janjinya. Selalu Pooja yang
membalas e-mail Raj, memakai akun e-mail Tina. Raj menyukai Tina, sementara
Pooja menyukai Raj. Bagaimana kesudahannya? Selain cerita yang komersil,
lagu-lagunya pun cukup populer di sini, khususnya “Mujhse Dosti Karoge” dan “Oh
My Darling”.
f. Kaho Naa Pyaar Hai Bercerita
soal Rohit (Hrithik Roshan) montir yang bertransformasi jadi penyanyi terkenal.
Jelang konsernya, Rohit menyaksikan pembunuhan. Ia pun jatuh ke jurang saat
berusaha melarikan diri dari kejaran si pembunuh. Sonia (Amisha Patel), kekasih
Rohit, syok dengan kepergian Rohit yang tragis. Ayahnya mengirimnya ke Selandia
Baru untuk bertemu sepupunya, dengan tujuan melupakan Rohit. Di sana, Sonia
bertemu Raj (Hrithik Roshan), pria yang sangat mirip dengan Rohit.
g. Chori Chori Chupke Chupke adalah
Kehidupan pasangan dari kalangan atas Raj (Salman Khan) dan Priya (Rani
Mukherjee) awalnya terlihat sempurna. Sampai suatu hari, Priya keguguran dan
dinyatakan tak bisa hamil lagi. Mereka sepakat mencari ibu pengganti, Madhu
(Preity Zinta). Konflik dimulai. Dari Priya yang tidak tahu bahwa Madhu seorang
pelacur, Madhu yang diam-diam jatuh cinta pada Raj, sampai Madhu yang mengurungkan
niat untuk menyerahkan bayi yang dikandungnya pada Raj-Priya. Di India.
h. Dil Se bercerita
tentang seorang reporter bernama Amar (Shahrukh Khan) yang mendapat tugas
mewawancara Meghna (Manisha Koirala), anggota kelompok teroris yang bermarkas
di India bagian utara. Meghna diam-diam tertarik pada Amar.Merasa nyawanya
terancam oleh kelompok teroris, Amar pulang ke Delhi dan dijodohkan orangtuanya
dengan Preeti (Preity Zinta). Amar tak tahu Meghna menyusulnya ke Delhi
i. Mann adalah Drama percintaan dimainkan
dengan apik oleh Aamir Khan dan Manisha Koirala. Dev Karan (Aamir) dan Priya
(Manisha) sebenarnya sudah memiliki calon istri/suami. Namun saat Priya dan Dev
Karan bertemu di sebuah cruise, keduanya jatuh cinta. Ketika Dev Karan dan
Priya sudah meninggalkan pasangan masing-masing, Priya mengalami kecelakaan
yang menyebabkannya diamputasi dan tak berani menemui Dev Karan.
j. Kuch Kuch Hota Hai.Segmen
awal Kuch Kuch Hota Hai mengisahkan cinta segitiga antara Anjali (Kajol), Rahul
(Shahrukh Khan), dan Tina (Rani Mukherjee) di bangku kuliah.
B. film
Legenda
Kresna (Dewanagari: कृष्ण; IAST: kṛṣṇa; dibaca [ˈkr̩ʂɳə]) adalah salah satu dewa
yang dipuja oleh umat Hindu,
berwujud pria berkulit gelap atau biru tua, memakai dhoti kuning dan mahkota
yang dihiasi bulu merak.
Dalam seni lukis
dan arca,
umumnya ia digambarkan sedang bermain seruling sambil berdiri dengan kaki yang
ditekuk ke samping. Legenda Hindu dalam kitab Purana
dan Mahabharata menyatakan bahwa ia
adalah putra kedelapan Basudewa
dan Dewaki,
bangsawan dari kerajaan Surasena, kerajaan mitologis di India Utara.
Secara umum, ia dipuja sebagai awatara (inkarnasi) Dewa Wisnu kedelapan di antara sepuluh awatara Wisnu.
Dalam beberapa tradisi perguruan Hindu, misalnya Gaudiya Waisnawa,
ia dianggap sebagai manifestasi dari kebenaran mutlak, atau perwujudan Tuhan
itu sendiri,[1]
dan dalam tafsiran kitab-kitab yang mengatasnamakan Wisnu atau Kresna, misalnya Bhagawatapurana,
ia dimuliakan sebagai Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa.[2]
Dalam Bhagawatapurana, ia
digambarkan sebagai sosok penggembala
muda yang mahir bermain seruling,
sedangkan dalam wiracarita Mahabharata ia
dikenal sebagai sosok pemimpin yang bijaksana, sakti, dan berwibawa. Selain itu
ia dikenal pula sebagai tokoh yang memberikan ajaran filosofis, dan umat Hindu
meyakini Bhagawadgita sebagai kitab yang
memuat kotbah
Kresna kepada Arjuna
tentang ilmu rohani.
Kisah-kisah mengenai Kresna
muncul secara luas di berbagai ruang lingkup agama Hindu, baik dalam tradisi
filosofis maupun teologis.[3]
Berbagai tradisi menggambarkannya dalam berbagai sudut pandang: sebagai dewa
kanak-kanak, tukang kelakar, pahlawan sakti, dan Yang Mahakuasa.[4]
Kehidupan Kresna dibahas dalam beberapa susastra Hindu,
yaitu Mahabharata, Hariwangsa, Bhagawatapurana,
dan Wisnupurana.
BAB. 4
Lagu india
A.Lagu India
- Kuch-kuch hota Hai
- Dil kya kare
- Barso re
- Des Rangila Rangila
- Chanda chamke cham cham
- Chaiya Chaiya
b. Tokoh Musik (penyanyi) India
Beberapa tokoh musik India antara lain :
- Sharukh-Khan
- Subbulakshmi M S
- Seshagopalan T N
- Sudha Raghunathan
- Unnikrishnan P
- Balamurali Krishna
- Kuch-kuch hota Hai
- Dil kya kare
- Barso re
- Des Rangila Rangila
- Chanda chamke cham cham
- Chaiya Chaiya
b. Tokoh Musik (penyanyi) India
Beberapa tokoh musik India antara lain :
- Sharukh-Khan
- Subbulakshmi M S
- Seshagopalan T N
- Sudha Raghunathan
- Unnikrishnan P
- Balamurali Krishna
Adapun contoh
lagu india yaiu Arre Re Arre yang diciptakan oleh Dil To Pagal Hai. Teks
lagunya yaitu :
Lirik Lagu Arre Re Arre Lyrics
–CHORUS–
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru ru
La la la la la la la la, la la la la la la
La la la la la la la la, la la la la la la la
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru ru
La la la la la la la la, la la la la la la
La la la la la la la la, la la la la la la la
–FEMALE–
Arre re arre yeh kya hua, maine na yeh jaana
Arre re arre ban jaaye na kahin koi afsaana
Arre re arre yeh kya hua, maine na yeh jaana
Arre re arre ban jaaye na kahin koi afsaana
–MALE–
Arre re arre kuch ho gaya, koi na pehchaana
Arre re arre banta hai to ban jaaye afsaana
Arre re arre kuch ho gaya, koi na pehchaana
Arre re arre banta hai to ban jaaye afsaana
–CHORUS–
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru ru
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru
Ha ha ha ha ha ha ha ha, tu ru ru ru ru ru ru
–MALE–
Haath mera thaam lo saath jab tak ho
Baat kuch hoti rahe baat jab tak ho
Saamne baithe raho tum raat jab tak ho
Haath mera thaam lo saath jab tak ho
Baat kuch hoti rahe baat jab tak ho
Saamne baithe raho tum raat jab tak ho
–FEMALE–
Arre re arre yeh kya hua, maine na yeh jaana
Naam kya de kya kahe dil ke mausam ko
Aag jaise lag gayi aaj shabnam ko
Aisa lagta hai kisi ne chhoo liya humko
Arre re arre yeh kya hua, maine na yeh jaana
Naam kya de kya kahe dil ke mausam ko
Aag jaise lag gayi aaj shabnam ko
Aisa lagta hai kisi ne chhoo liya humko
–CHORUS–
Arre re arre yeh kya hua
Arre re arre yeh kya hua
–FEMALE–
Maine na yeh jaana
Maine na yeh jaana
–CHORUS–
Arre re arre ban jaaye na
Arre re arre ban jaaye na
–FEMALE–
Kahin koi afsaana
Kahin koi afsaana
–CHORUS–
Arre re arre kuch ho gaya
Arre re arre kuch ho gaya
–MALE–
Koi na pehchaana
Koi na pehchaana
–CHORUS–
Arre re arre banta hai to
Arre re arre banta hai to
–MALE–
Ban jaaye afsaana
Ban jaaye afsaana
–FEMALE–
Tum chale jaao zara hum sambhal jaaye
Dhadkanein dil ki kahin na machal jaaye
Waqt se aage kahin na hum nikal jaaye
Tum chale jaao zara hum sambhal jaaye
Dhadkanein dil ki kahin na machal jaaye
Waqt se aage kahin na hum nikal jaaye
–MALE–
Arre re arre yeh kya hua, koi na pehchaana
Hum mein tum mein kuch to hai, kuch nahin hai kya
Aur kuch ho jaaye to kuch yakeen hai kya
Dekh lo yeh dil jahan tha, yeh vahin hai kya
Arre re arre yeh kya hua, koi na pehchaana
Hum mein tum mein kuch to hai, kuch nahin hai kya
Aur kuch ho jaaye to kuch yakeen hai kya
Dekh lo yeh dil jahan tha, yeh vahin hai kya
–CHORUS–
Arre re aare yeh kya hua
Arre re aare yeh kya hua
–MALE–
Maine na yeh jaana
Maine na yeh jaana
–CHORUS–
Arre re arre ban jaaye na
Arre re arre ban jaaye na
–MALE–
Kahin koi afsaana
Kahin koi afsaana
–CHORUS–
Arre re arre kuch ho gaya
Arre re arre kuch ho gaya
–FEMALE–
Koi na pehchaana
Koi na pehchaana
–CHORUS–
Arre re arre banta hai to
Arre re arre banta hai to
–FEMALE–
Ban jaaye afsaana
Ban jaaye afsaana
–ALL–
La la la la la la la la, la la la la la la
La la la la la la la la, la la la la la la la
La la la la la la la la, la la la la la la
La la la la la la la la, la la la la la la la
kesimpulan
Perkembangan musik India dimulai kira-kira sejak abad ke-2 setelah masehi.
Bangsa Arya yang bermigrasi ke India membawa pengaruh yang besar terhadap
perkembangan musik di India. Sejak awal berkembangnya, musik india telah
bercampu-campur serta berpadu dengan musik lain seperti musik arab, mesir,
serta persia.
Musik
tradisional india memiliki ciri-ciri seperti: Penekanan pada vokal dan banyak melakukan improvisasi. Alat musik yang di
gunakanpun beraneka ragam seperti: Dholak, Ektara, Sarangi, dll.
Seni musik tradisional
memiliki fungsi diantara lain sebagai pengiring acara adat, sebagai sumber hiburan spiritual, dll. Seni musik
india sekarang ini telah mengalami beberapa perubahan baik pada vocal maupun
instrumen. Tapi maksud yang di kedepankan masih sama yaitu masalah religi atau
spiritual.
Daftar pusaka
Makalah Seni Budaya India
Reviewed by Vikha Trivicika
on
September 15, 2019
Rating:
No comments: